Minggu, 25 Desember 2016

Kuliner Bangka - Pangkal Pinang (Part 2)



Hi! Kali ini nona mau melanjutkan membahas tentang kuliner di Bangka lagi nih. Kira-kira apa ya? Kalau lagi di Bangka nona pasti sarapannya bakmi, disana ada bakmi kering (ja mien) atau bakmi kuah (sui mien) kalau nona lebih suka bakmi kering.

Tekstur dari bakmi Bangka sendiri adalah halus dan tidak terlalu kenyal, yang nona suka dari bakmi Bangka yaitu dagingnya haha.. Rasanya lebih cenderung ke manis manis gurih. Untuk jamiennya juga manis karena mereka menambahkan kecap manis ke mie tersebut.

Di Bangka sangat banyak kedai bakmi, kalau favorit nona tetap Bakmi Asu. Untuk harga di Bakmi Asu ini termasuk sangat tinggi. Mungkin karena dia sudah terkenal dan banyak wisatawan yang mampir ke sana. 

Di Kedai Bakmi Asu ada banyak macam menu makanan, Nona selalu memesan Jamien, niu kin (urat sapi), songsui (sop campuran jeroan babi), tahu kok dan lempah bakut. Selain itu juga di depan Kedai Bakmi Asu ini ada menjual minuman dan nona selalu akan memesan es jeruk kunci atau es jeruk murni. Jangan lupa bagi kalian yang tidak suka terlalu manis, harus mengingatkan ke penjualnya untuk mengurangi gulanya.









Selain bakmi, juga ada masakan masakan khas Bangka lainnya seperti Ikan asam manis, cap cay bangka, dll. Biasanya kalau makan masakan Khas Bangka, nona mampir ke Restaurant Suka Menanti. Kenapa namanya Suka Menanti? Karena Restaurant ini sangat ramai, Yang masak hanya satu orang dan kita semua rela menunggu selama beberapa saat haha.. 
Di blog nona sebelumnya yang tentang kuliner Bangka sudah pernah dibahas tentang Restauran Suka Menanti ini. 









Kalian kalau mau makan kesini lebih baik beramai ramai, karena porsi makanan mereka sangat banyak. Untuk kwetiaw/ nasi/ bihun / mie goreng bisa untuk 2-3 orang.
Kisaran harga di resto ini termasuk pas di kantong.


Kalau mau santai ngopi ngopi, nona meyarankan untuk datang ke kopitiam Tungtau. Selama di Bangka 4 hari 3 malam, nona mampir ke Kopitiam Tungtau sebanyak tiga kali dan nona membeli bubuk kopi mereka untuk dibawa pulang ke Jakarta.

Apa yang special dari mereka? tentunya kopi. Untuk cemilan, nona memesan roti telur yang katanya best seller mereka. Dan ternyata memang enak! Padahal cuma Roti panggang isinya irisan telur rebus. Hmmm teksture dari rotinya sangat enak, garing di luar lembut di dalam..





Nona mau share temen untuk makan bakmi. Biasanya kan cuma pangsit dan bakso aja yah. Kalau di Bangka agak beda, mereka menyajikan kuah / sop yang berisi bakso2an, darah ayam, pangsit, fuk kien (bakso ikan yang dibungkus kulit tahu), dll.

Di kedai bakmi mereka juga menyediakan menu bihun, kwetiaw dan nasi putih.









Untuk pencuci mulut biasanya nona makan es kacang merah/ es campur, martabak atau kue2 khas bangka.. Ada namanya sagu gunting, enak deh tapi sudah sangat jarang yang menjualnya.







Sekian blog dari nona yah untuk kali ini. Happy Holiday...

____________________________________________________________________________

E-mail        : nonagulagula@gmail.com
Instagram  : happy_nichole






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar